Tutorial Membuat Surat Pernyataan Kematian Orang Tua


Langkah-langkah Membuat Surat Pernyataan Kematian Orang Tua



1. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti akta kematian, kartu keluarga, dan fotokopi identitas pemohon.
2. Buat surat pernyataan dengan menggunakan kertas bergaris dan tuliskan tanggal pembuatan surat.
3. Tuliskan nama lengkap orang tua yang telah meninggal dunia.
4. Sertakan tanggal dan tempat kematian orang tua.
5. Tuliskan nama lengkap pemohon dan hubungan keluarga dengan orang tua yang meninggal dunia.
6. Sertakan alamat lengkap pemohon dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
7. Berikan pernyataan bahwa orang tua yang bersangkutan telah meninggal dunia.
8. Sertakan pernyataan bahwa pemohon telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.
9. Tanda tangan surat pernyataan dan sertakan tanggal pembuatan surat.
10. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti akta kematian, kartu keluarga, dan fotokopi identitas pemohon.


Contoh Surat Pernyataan Kematian Orang Tua



Berikut adalah contoh surat pernyataan kematian orang tua:
Kepada Yth,
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Dengan ini saya, (nama lengkap pemohon), menyatakan bahwa orang tua saya, (nama lengkap orang tua), telah meninggal dunia pada tanggal (tanggal kematian) di (tempat kematian).
Saya telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti akta kematian, kartu keluarga, dan fotokopi identitas saya sebagai pemohon.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan dengan kesadaran penuh.
Hormat saya,
(tanda tangan pemohon)
(Tanggal pembuatan surat)


Kesimpulan



Membuat surat pernyataan kematian orang tua tidaklah sulit. Yang terpenting adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan menyertakan informasi yang akurat mengenai kematian orang tua. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat pernyataan kematian orang tua dengan mudah dan cepat.

close